8 Sistem Operasi Smartphone Selain Android & iOS

Sudah sejak beberapa tahun terakhir ini, 2 sistem operasi smartphone yaitu Android dan iOS telah menguasai secara mutlak pasaran smartphone secara global.  Menurut IDC, pada bulan Agustus 2016, Android menguasai 87,6% dan iOS sebesar 11,7% dari market share secara global.  Artinya lebih dari 99% market share pasaran smartphone dikuasai oleh sistem operasi Android dan iOS.

Sebagai mobile phone forensic examiner, tentunya kita harus mampu menangani perangkat mobile yang menggunakan 2 sistem operasi tersebut.  Di sisi lain, sebelum kedua sistem operasi tersebut menjadi platform dari sistem operasi smartphone, sebetulnya terdapat sekurang-kurangnya 8 sistem operasi smartphone yang pernah diluncurkan di pasaran.

Sebagian besar dari smartphone tersebut sudah tidak dikembangkan atau dipasarkan lagi.  Hanya PocketPC yang kemudian menjadi Windows Mobile dan BlackBerry yang masih berkembang dan tersedia di pasaran walaupun jumlah masih sangat terbatas.  Mungkin hanya penduduk Indonesia yang sampai saat ini masih menggunakan Blackberry walaupun jumlah sangat jauh menurun dibandingkan pada masa jayanya dahulu.

Berikut ini 8 smartphone tersebut:

  1. PocketPC (Windows Mobile).

windows-mobile

Sebelum muncul di 2003, Windows Mobile dulu dinamai PocketPC. Ditujukan untuk pebisnis, smartphone Windows Mobile pernah cukup populer, terutama sekitar tahun 2007. Namun karena kalah saing dari Android dan iOS, Windows Mobile menjelma jadi Windows Phone di 2010 yang benar-benar berbeda tampilan serta fungsinya.

  1. Samsung Bada.

samsungbada

Mengurangi ketergantungan pada Android, Samsung merilis OS sendiri bernama Bada di tahun 2010. Handset Bada sempat laris manis pada awalnya, seperti model Samsung Wave S8500 yang terjual jutaan unit. Namun tahun 2014, pengembangan Bada resmi dihentikan dan Samsung memilih beralih membuat OS lain bernama Tizen.

  1. Firefox OS.

firefoxos

Sempat digadang-gadang bisa menyaingi Android, Firefox OS ternyata hanya berumur pendek. Ponsel Firefox pertama diperkenalkan di akhir 2014. Namun pada pertengahan tahun ini, Mozilla memastikan pengembangan Firefox OS dihentikan karena beragam alasan, termasuk minat yang rendah.

  1. WebOS.

webos

WebOS pertama kali dikembangkan oleh Palm. Setelah diakuisisi Hewlett Packard, diluncurkanlah ke pasaran smartphone berbasis WebOS seperti Pre dan Pixi pada tahun 2011. Namun penjualannya tak menggembirakan dan HP menghentikan penjualannya sebelum kemudian WebOS dijual pada LG.

  1. Symbian.

symbian

Symbian adalah sistem operasi yang paling jaya pada tahun 2000-an, menjadi senjata utama Nokia bertahkta. Namun mulai tahun 2010-an, Symbian tenggelam karena popularitas Android dan iOS. Nokia 808 yang rilis di 2012 adalah smartphone terakhir berbasis Symbian dari Nokia.

  1. Palm OS.

palmos

Palm OS sempat cukup populer dengan model smartphone seperti Palm Treo 270. Smartphone Palm OS ditujukan untuk para pebisnis. Namun OS ini telah dimatikan sejak tahun 2009.

  1. Maemo/MeeGo.

maemo

Dikembangkan Nokia bersama Intel, MeeGo sempat bikin penasaran. Handset yang memakainya, Nokia N900 yang diperkenalkan tahun 2009 sempat dipuji banyak kalangan dan disukai mereka yang hobi mengoprek. Tapi karena bermacam halangan termasuk tenggelamnya Nokia, MeeGo tinggalah nama.

  1. BlackBerry OS.

blackberryos

Masih banyak sekali memang pengguna handset BlackBerry OS, termasuk yang terbaru BlackBerry 10. Tapi seperti diketahui, Blackberry telah beralih memakai Android sejak tahun lalu dan tidak ada lagi model ponsel baru yang memakai BlackBerry OS. Kejayaannya dulu bisa dikatakan tinggal kenangan.

Referensi:

http://inet.detik.com/readfoto/2016/11/02/143703/3335444/1146/8/pendahulu-android–ios-yang-tenggelam-ditelan-zaman#bigpic2

Author: aph4ncmobile

Website ini khusus membahas bidang ilmu Mobile Phone Forensics and Security. Terutama yang berkaitan dengan serial buku Mobile Phone Forensics dan Security .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s