Inilah Virus dan Malware Android Yang Paling Berbahaya

ArenaLTE.com – Menurut laporan Cheetah Mobile, ada sekitar 9,5 juta virus dan malware yang beredar dan meyerang Android selama tahun 2015. Dan negara Cina, India juga Indonesia merupakan ketiga negara yang paling banyak menerima serangan virus dan malware Android tersebut. Selain karena ketiga negara tersebut merupakan basis pengguna Android terbanyak, aplikasi pihak ketiga (third party apps) paling banyak tersebar luas di ketiga negara tersebut, dan  kebanyakan malware dan virus masuk melalui aplikasi pihak ketiga yang kita download.

Pada 2015, Virus atau Trojan yang sangat populer yaitu Root Trojan. Jenis Trojan ini dapat memperoleh hak akses system-level para pengguna perangkat Android dan menyembunyikannya pada bagian yang sangat tersembunyi, membuatnya sangat sulit dihapus. Contoh yang paling khas adalah the stubborn Ghost Push dan berbagai variannya.

Pada 2015, Cheetah Mobile juga mendeteksi kehadiran lebih dari 1.300.000 situs berbahaya. Jumlah situs berbahaya meningkat dari bulan sebelumnya, dan mencapai puncaknya pada bulan Desember. Dimana bulan-bulan akhir tahun adalah musim liburan dan belanja, orang-orang bersedia untuk menghabiskan uang yang menjadi sasaran empuk para penjahat online.

Para penyebar virus dan malware ini menggunakan berbagai cara untuk melakukan aksi jahatnya, baik melalui aplikasi pihak ketiga juga melalui website berbahaya. Mesin pencari (Search Engine), Jejaring Sosial hingga SMS digunakan sebagai media untuk menyusupi virus dan malware berbahaya atau mencuri data pribadi kita.

Virus dan Malware Android Paling Sulit Dimusnahkan

Di bulan Oktober 2015, Cheetah Mobile Security Lab memperingatkan para pengguna Android tentang penyebaran virus Ghost Push yang telah menginfeksi levbih dari 900,000 pengguna Android di 116 negara. Virus ini mampu menguasai smartphone dan tablet kita dan sulit dimusnahkan. Virus ini juga akan memasang aplikasi tanpa izin penggunanya demi mendapatkan uang dari pengiklan.

Virus dan Malware Android Paling Jahat

Virus Trojan yang sudah terpasang di perangkat (pre-installed Trojan) – Para peneliti dari Cheetah Mobile Security Lab menemukan Trojan bernama Cloudsota, sudah terpasang di tablet Android tertentu. Lebih dari 50 negara telah terinfeksi oleh virus Trojan ini.

Virus dan Malware Android Paling Menarik

Trojan “Gambar Pesta” (Party Pics Trojan), pengguna Android akan menerima pesan teks dari nomor tak dikenal yang menulis “Coba lihat foto-foto pestamu! Semua temanmu ada disana!” dengan link dibawahnya. Setelah di klik, pengguna tidak akan melihat foto atau gambar, tapi telepon selular mereka akan mendapatkan virus Trojan.

Virus dan Malware Paling Sukar Dideteksi

CM Security Research Lab mengidentifikasi lima aplikasi berbahaya tersedia untuk diunduh di Google Play yang berisi jenis malware yang disebut Hide Icon. Hide Icon ini telah menginfeksi lebih dari 56.000 perangkat pada 2015. Malware ini menyamarkan dirinya sebagai alat yang berguna seperti senter dan kompas, dan mencuri data pribadi pengguna dan kerap kali memaksakan menampilkan iklan layar penuh ke perangkat korban.

Virus dan Malware Paling Menjengkelkan

CM Security Research mendeteksi sebuah ransomware bernama iToper, yang dikirimkan melalui forum-forum ponsel dan market store aplikasi pihak ke tiga. Sekali virus diaktifkan, akan menghentikan aktivitas lainnya yang berjalan pada ponsel, mengunci perangkat, dan kemudian menampilkan peringatan palsu dari FBI yang mencoba untuk memeras uang dari pengguna.

Virus dan Malware Paling Membuat Rugi

Kerentanan terhadap ‘Android Installer Hijacking’ membuat pihak ketiga dapat bisa menyusup kedalam smartphone Android, lalu memasang malware dan mencuri data pribadi kita. Ada sekitar 49,5 persen dari semua smartphone Android, termasuk tablet, memiliki risiko untuk mengalami masalah ini.

Sumber:

http://arenalte.com/berita/industri/inilah-virus-dan-malware-android-yang-paling-berbahaya/

Author: aph4ncmobile

Website ini khusus membahas bidang ilmu Mobile Phone Forensics and Security. Terutama yang berkaitan dengan serial buku Mobile Phone Forensics dan Security .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s