Rusia Sedang Mengembangkan Sistem Operasi Mobile Baru Berbasis Linux

Resume: Rusia sedang mengembangkan sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis Linux untuk mengakhiri dominasi Android dan iOS.  Sistem operasi ini dikembangkan oleh Open Mobile Platform di Rusia dengan mengembangkan sistem operasi yang telah ada yaitu Sailfish OS.

Menteri Komunikasi Rusia, Nikolai Nikoforov mengabarkan jika Open Mobile Platform-perusahaan di Rusia-mengembangkan sistem operasi untuk perangkat mobile yang ditujukan bagi pasar global.  Sekarang ini perusahaan tersebut sedang mencari tenaga pengembang yang berminat mengembangkan sistem operasi tersebut.

Pada awal tahun 2016, Nikiforov menyebutkan adanya kemungkinan kerjasama dengan beberapa perusahaan di Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan untuk mengembangkan dan memasarkan sistem operasi tersebut.

russian-mobile-os- (2)

Sistem operasi ini tidak dikembangkan dari nol melainkan merupakan pengembangan dari sistem operasi Jailfish yang dikembangkan oleh Jolla-perusahaan yang berbasis di Hongkong dan didirikan oleh para mantan pegawai Nokia.  Sailfish OS berbasis Linux kernel dan memiliki fitur Mer Core UI yang dikembangkan oleh Jolla dan juga komponen-komponen dari pihak ketiga lainnya.

Grigory Berezki-presiden Open Mobile Platform-mengatakan bahwa sistem operasi ini ditujukan untuk smartphone yang murah dan ditujukan untuk sebanyak mungkin masyarakat global.

Sumber:

http://fossbytes.com/russia-making-new-mobile-os-linux-based-sailfish-os/

 

Author: aph4ncmobile

Website ini khusus membahas bidang ilmu Mobile Phone Forensics and Security. Terutama yang berkaitan dengan serial buku Mobile Phone Forensics dan Security .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s