Tinjauan Umum Sistem Operasi Windows Mobile

Tinjauan Umum

Windows Mobile adalah salah satu platform yang tersedia saat ini bagi smartphone dan PDA.  Di Amerika Serikat, pengguna Windows Mobile mencakup 5,6% dari total penjualan smartphone pada bulan Juni 2013.  Windows Mobile menyediakan standarisasi antarmuka (interface) dan standarisasi platform bagi para pengembang aplikasi.  Terdapat dua edisi platform Windows Mobile yaitu edisi Windows Mobile Standard dan edisi Windows Mobile Professional. Selain itu terdapat edisi untuk PDA yang tidak memiliki fungsi teleponi.  Terdapat beberapa pabrikan yang menghasilkan handset Windows Mobile seperti Nokia, HTC, Samsung dan Huawei termasuk Microsoft sendiri.  Sampai saat ini, versi dari Windows Mobile yang telah beredar adalah Windows CE, Windows Mobile, Windows Phone 7, Windows Phone 8, Windows Phone 8.1 dan Windows 10 Mobile.  Sesungguhnya perkembangan versi Windows Mobile mengikuti perkembangan dari Windows Operating System yang digunakan pada Desktop/PC.

Fitur Tersedia

Pada Windows Phone terkini, terdapat beberapa fitur terbaru antara lain:

  • Cortana: semacam aplikasi personal assistant. Pertama kali digunakan pada Windows 8.1 dan tetap digunakan pada Windows 10.  Cortana dapat membantu pengguna dalam menggunakan Bing, setting reminder, mengirim texts dan membantu pengguna dalam menggunakan seluruh fungsi dan fitur dalam handset.  Semua yang berhubungan dengan penggunaan Cortana akan meninggalkan jejak di dalam handset;
  • Wallet: aplikasi untuk menyimpan data kartu kredit, boarding passes, tiket, kupon dan lain sebagainya;
  • Geofence dan Advanced Location Settings: aplikasi untuk memberikan pengamanan tambahan dimana telepon akan mendeteksi ketika berada di luar trusted zone dan akan mengunci dengan sendirinya;
  • Additional Features: seperti live Tiles, enhanced colors, quite hours dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa aplikasi lainnya yang terkait dengan penggunaan Windows Phone seperti OneDrive (dahulu dikenal sebagai SkyDrive), OneNote, dan Office 365 Synchronization.  OneDrive dapat digunakan oleh pengguna untuk mengakses seluruh dokumen dan file-file lainnya dari berbagai perangkat mobile.  OneNote memiliki fungsi yang sama namun lebih berfungsi sebagai notebook atau diary.  Office365 memberikan akses secara konstan atas email, kalendar, kontak dan pada perangkat lain milik pengguna.

Windows Mobile vs PC

Beberapa teknik yang umumnya digunakan dalam computer forensics atas Microsoft Windows operating system dapat diterapkan dalam Windows Mobile.  Termasuk di dalamnya adalah file system FAT, file index.dat dan artifak lainya.  Dari sudut pandang digital forensics, terdapat beberapa kesamaan dan perbedaan antara Windows Mobile dan Windows PC.

Persamaan

Salah satu bentuk persamaan adalah struktur file system, sehingga lokasi data yang berpotensi menjadi bukti juga memiliki kesamaan.  Kesamaan lainnya adalah registry untuk menyimpan pengaturan dan preferences dari pengguna (user) dan program yang di-install, walaupun terdapat perbedaan format dan struktur dari registry antara Windows PC dan Windows Mobile.  Kesamaan lainnya adalah keduanya menggunakan file Temporary yang dapat menjadi sumber dari data.

Perbedaan

Perbedaan-perbedaan antara Windows PC dan Windows Mobile adalah penggunaan Embedded (.vol) database pada Windows Mobile. Serta adanya perbedaan dalam ‘usage artifact’ dan jangka waktu penyimpanan data.

Beberapa format data dalam Windows Mobile mungkin kurang familiar bagi para examiner seperti file volume dan embedded database.  Mobile phone forensic tool untuk ekstraksi, interpretasi dan analisis data atas Windows Mobile mengalami tantangan untuk dapat mengimbangi pesatnya perkembangan dan perubahan dari Windows Mobile.  Salah satu tantangan terbesar adalah melakukan ekstraksi fisikal dan file system, karena banyaknya file yang dikunci (locked) pada saat handset dalam keadaan beroperasi.

Author: aph4ncmobile

Website ini khusus membahas bidang ilmu Mobile Phone Forensics and Security. Terutama yang berkaitan dengan serial buku Mobile Phone Forensics dan Security .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s