Sistem Operasi Android – Tinjauan Umum

Sejarah Sistem Operasi Android

Sistem Operasi Android dimulai dengan didirikannya Android Inc. pada tahun 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2005.  Pada tahun 2007, Open Handset Alliance (OHA) yaitu satu konsorsium yang berisikan perusahaan-perusahaan teknologi, pabrikan handset, pabrikan chipset dan operator seluler bergabung untuk menciptakan satu standar terbuka (open standard) untuk platform telepon seluler.  Akhirnya OHA berhasil mengembangkan sistem operasi Android yaitu platform telepon seluler yang bersifat terbuka dan gratis yang dibangun diatas Linux kernel 2.6.  Pada bulan Oktober 2008 dikeluarkan produk HTC Dream (T-Mobile G1) yaitu telepon seluler pertama yang menggunakan sistem operasi Android yang dipasarkan di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.  Sejak saat itu, terdapat perkembangan yang pesat dari Android dengan berbagai versi untuk mendukung perbaikan dan fitur-fitur terbaru seperti tampak pada Tabel .

No Versi Nama Versi (Code Name) Tahun Dikeluarkan
1 Android 1.0 Apple Pie 2008
2 Android 1.1 Banana Bread 2009
3 Android 1.5 Cupcake 2009
4 Android 1.6 Donut 2009
5 Android 2.0 Eclair 2009
6 Android 2.2 Froyo 2010
7 Android 2.3 Gingerbread 2010
8 Android 3.0 Honeycomb 2011
9 Android 4.0 Ice Cream Sandwich 2011
10 Android 4.1 Jelly Bean 2012
11 Android 4.4 KitKat 2013
12 Android 5.0 Lollipop 2014
13 Android 6.0 Marshmallow 2015

Sampai bulan April 2016, pengguna perangkat Android dengan versi 4.4 (KitKat) dan 5.0 (Lollipop) masih mendominasi distribusi secara global yaitu lebih dari 70%.

Tinjauan Telepon Seluler Android

Smartphone (dan alat-alat elektronik lainnya) yang menggunakan Android sebagai sistem operasi sangat bervariasi baik itu pada tipe dan produsen. Hal ini mengakibatkan mobile phone forensic baik itu proses ekstraksi dan analisis atas smartphone Android sangat menantang.  Secara umum, smartphone Android memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Menggunakan NAND Flash Memory sebagai internal memory;
  2. Sistem operasi yang digunakan berbasis Linux 2.6 Kernel dan berjalan pada Dalvik Virtual Machine (DVM);
  3. Terdapat tiga besar file system yang umumnya digunakan dalam sistem operasi Android. Namun perlu dicatat, berbagai file system dapat berfungsi dalam smartphone Android. Prinsipnya jika file system tersebut dapat di-mount dalam Linux dan berjalan dalam platform Android, maka satu file system dapat berfungsi dalam smartphone Android;
  4. Data disimpan dalam database SQLite.

Data pengguna disimpan secara internal dan eksternal pada Smartphone Android.  Data yang disimpan secara internal disimpan dalam NAND Flash Memory.  NAND merupakan media penyimpanan data yang bersifat non-volatile, artinya data elektronik yang disimpan dalam NAND Flash Memory TIDAK AKAN HILANG ketika tenaga listrik yang ada dalam smartphone hilang (loss power).  Umumnya NAND Flash memory digunakan untuk menyimpan boot loader, sistem operasi dan data milik pengguna.  Di sisi lain, Random Access Memory (RAM) dalam Smartphone Android digunakan untuk menyimpan data elektronik yang bersifat volatile, artinya data elektronik tersebut AKAN HILANG ketika tenaga listrik yang ada dalam smartphone hilang (loss power).  Oleh karena itu, data elektronik yang ada dalam RAM bersifat data sementara (temporary data) terkait aplikasi yang berjalan.

Salah satu fitur keamanan yang ada dan semakin canggih pada perkembangan sistem operasi Android adalah pengamanan data menggunakan teknologi enkripsi.  Teknologi enkripsi ini digunakan untuk menjaga kerahasiaan (confidentiality) dari data yang tersimpan baik itu dalam internal maupun eksternal memory (optional).  Artinya, jika seseorang bisa mengekstraksi data elektronik dari dalam smartphone Android, sepanjang data tersebut masin terenkripsi, maka data eletronik tersebut tidak bisa dianalis.

Author: aph4ncmobile

Website ini khusus membahas bidang ilmu Mobile Phone Forensics and Security. Terutama yang berkaitan dengan serial buku Mobile Phone Forensics dan Security .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s